Lakukan Penandatanganan Kerjasama, BMKG dan BPBD Tuban Saling Bersinergi

BMKG Stasiun Meterologi Tuban menjadi salah satu mitra dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban (BPBD Tuban) dalam usaha pemerintahan daerah untuk mitigasi bencana di Kabupaten Tuban. BPBD tuban mengadakan Acara Penandatanganan Kerjasama Mitigasi Bencana pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 di Ruang Rapat Gedung Mall Pelayanan Publik Tuban. Tidak hanya BMKG saja , BPBD Tuban juga mengundang Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) serta TK Insan Kamil. Acara penandatangan ini dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab.Tuban yaitu Bapak Drs. Sudarmaji, MM.

Sebelum dilakukan penandatangan, Bapak Sudarmaji menyampaikan tujuan dari perjanjian kerjasama ini yaitu untuk bersama menanggulangi bencana di Kabupaten Tuban. Beliau menyebutkan bahwa 7 dari 15 potensi bencana telah terjadi di Kabupaten Tuban. Terhitung berdasarkan data yang dikumpulkan bahwa banjir menjadi bencana dengan frekuensi kejadian tertinggi, seperti banjir bandang, luapan dari Sungai Bengawan Solo serta luapan dari pasang maksimum air laut. Selain itu, gempa bumi juga pernah terjadi di Kabupaten Tuban. Melihat potensi kebencanaan yang sudah terjadi, BPBD melakukan banyak kerja sama dengan berbagai mitra dan instansi dalam hal penanggulangan bencana karena beliau mengakui bahwa BPBD tidak bisa berdiri sendiri, butuh dukungan dari berbagai pihak. Selain itu, BPBD ingin pinsip kebencanaan yang awalnya responsif berubah menjadi preventif yang artinya mencegah lebih baik daripada mengobati.

Acara perjanjian dari pihak BMKG ditandatangani langsung oleh Kepala BMKG Tuban Zem Irianto Padama, S.Si,MM sebagai sumber yang memberikan informasi dan peringangatan dini cuaca. Sementara itu dari pihak ORARI diwakilkan oleh  Pak indra Dwi Saputra sebagai mitra penyebaran informasi, dan TK Insan Kamil yang diwakilkan Ibu Anggun Nur Taufik dari bidang pendidikan dengan tujuan mitigasi bencana dapat diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Acara ini berjalan dengan lancar serta isi perjanjian kerjasamapun telah dikaji dan disetujui bersama.

Lakukan Penandatanganan Kerjasama, BMKG dan BPBD Tuban Saling Bersinergi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top