Menu Tutup

Tuban – Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban Zem Irianto Padama bersama dengan staff melakukan kunjungan ke BPBD Tuban, Bojonegoro dan Lamongan. Kunjungan ini dilakukan untuk menjalin kerjasama, mempererat hubungan silaturahmi dan koordinasi antara BMKG Tuban dengan BPBD di tiga wilayah terebut yang merupakan wilayah tanggung jawab BMKG Tuban. Rangkaian kunjungan ini berlangsung selama 1 minggu dari tanggal 15 – 22 september 2021.

Kunjungan pertama dimulai tanggal 15 September 2021 dengan menyambangi Kantor BPBD Tuban yang berada tepat di area Mal Pelayanan Publik Tuban di Jalan Dr.Wahidin Sudiro Husodo dan diterima langsung oleh Kasubbag Program dan Laporan Ratna Herawati dan staff. Dalam pertemuan kali ini, Zem Irianto menyampaikan informasi Prakiraan Awal Musim Hujan 2021/2022 untuk wilayah Kabupaten Tuban serta menjelaskan hal-hal yang harus diwaspadai pada masa peralihan. Selain itu, BPBD Tuban juga memberikan peta rawan bencana sebagai data pendukung untuk membantu BMKG dalam perencanaan penambahan alat pengamatan dan sistem peringatan dini di wilayah rawan bencana.

BMKG Tuban juga menyerahkan informasi Monitoring Musim Kemarau 2021 yang menunjukkan bahwa wilayah Tuban sejak April 2021 masih memasuki musim kemarau hingga saat ini. Dilihat dari data distribusi curah hujan menunjukkan  wilayah Tuban termasuk dalam kriteria “Rendah” dengan curah hujan  0 – 10 mm pada dasarian III Agustus dan masih dalam kriteria “Rendah” dengan curah hujan 0 – 50 mm pada dasarian I September.

Dipantau dari monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH), wilayah Kabupaten Tuban yang masuk kategori panjang atau tidak terjadi hujan selama 21-30 hari adalah wilayah Kerek dan Tambakboyo. Sehingga Zem Irianto menyarankan untuk BPBD Tuban memaruh perhatian lebih terhadap wilayah yang sangat kering ini.

Mengakhiri kunjungannya, Zem Irianto beserta staff melakukan foto bersama dan berharap agar kerjasama serta koordinasi dua instansi ini menjadi lebih erat demi mewujudkan keamanan bagi masyarakat Tuban. (Alia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *